Senin, 18 Januari 2016

Pantai Selok Pipa, Nusakambangan - Cilacap

Assalamu'alaikum wr. wb
Hai hai hai.. Minggu kalian di isi sama acara apa ni guys? Kalo minggu, saya biasanya kalo gak travelling paling main ke perpustakaan daerah liat-liat buku, liat-liat doang terus jalan-jalan ke Rita Pasaraya beli makan sama minum. Atau kalo enggak di rumah aja sama adik keponakan ku yang demoh. Minggu kemarin, tanggal 3 Januari saya ke Pantai Selok Pipa. Kalian yang anak Cilacap udah pernah ke belum ke Selok Pipa? Saya aja yang anak Cilacap baru tau kalau ada Pantai yang namanya Selok Pipa sekitar bulan Oktober 2015 dan baru kesana kemarin bulan Januari 2016. Itu aja gara-gara di paksa sama Rifka. Itu anak maunya ngelayab terus, apa gak cape? Cape badannya cape uangnya juga, hahaha. Karena di paksa dengan berbagai alasan dan bujukan akhirnya saya pun mengiyakan. Dia bawa Sigit dan temennya namanya Pram, Pramugari, Pramusaji apa Pramita Rusady kepanjangannya gak tau, hahaaa. Janjian jam 7.00 WIB berangkat jam 8.00 WIB. Yang kata Rifka temen-temennya mau ikut sekitar 6 orang, yang hadir hanya 4 orang saja termasuk dengan saya. Ya ampun, mau ke nyebrang ke Nusakambangan masa cuma 4 orang doang si gimana? Belum ada yang tau jalan ke Selok Pipa lagi, gak lucu kalo nyasar di Nusakambangan kan? Sebetulnya saya juga mengajak beberapa teman tetapi teman saya menolak ya apa boleh buat.

Sebelum berangkat saya menghubungi bapak perahu, tawar menawar harga karena saya cuma berempat. Kalo harga tidak cocok, ya terpaksa kami batalkan agenda ke Selok Pipa. Setelah menego harga yang di tawarkan sangat cocok akhirnya kita berangkat ke Pantai teluk Penyu.

Sampai di lokasi saya menghubungi kembali si bapak perahunya namanya pak Nanang, perahunya di sebelah mana? Setelah ketemu perahunya saya mencari pemiliknya. Ternyata pak Nanang masih di rumah, hadeeehhh ribet banget ni orang, kenapa enggak bilang dari tadi kalo masih di rumah batin saya. Akhirnya saya di arahkan untuk mencari Pak Yuli rekan kerja pak Nanang. Tidak seperti Pak Nanang yang sulit di cari, Rifka menanyakan pada tukang perahu yang ternyata adalah Pak Yuli, setelah menjelaskan perkaranya pak Yuli siap mengantar kami ke Dermaga Baru dengan membayar harga yang telah disepakati oleh pak Nanang.

Kurang lebih 15 menit menyeberangi pantai Teluk Penyu yang waktu itu airnya sedang sangat tenang bak air kolam karena airnya yang tenang, air laut pun terlihat bening hingga plankton pun sampai terlihat jelas dari atas kapal pada saat akan mendarat di Dermaga Baru. Dari Dermaga Baru ini lah kami memulai perjalanan ke pantai Selok Pipa. Oia Dari Dermaga baru ini juga kita memulai perjalanan ke Pantai Kalipat. Sebelumnya kami telah diberi petunjuk oleh Pak Yuli jalan ke Selok Pipa ini memerlukan waktu kurang lebih setengah jam dengan berjalan kaki dan mengambil jalan "lurus terus" karena banyak belokan untuk sampai ke Selok Pipa dan bagi yang belum pernah kesana pasti akan nyasar. Waaahh bahaya nih.

Baru berjalan sekitar lima menit, kami menemukan bunga di tepi jalan yang alangkah indahnya.. Oh kasian kan ku petik, itu loh bunga yang biasanya dibikin bando, kaya bunga camomile, ya udah akhirnya aku petik, gak cuma aku, yang cowok juga ikut metik, jadi semuanya metik hahaha..


Belum setengah perjalanan udah mainan dulu, kapan sampenya? Hahaha. Cuaca hari itu begitu panas, cukup untuk membakar kulit saya untuk kedua kalinya, yang dari pantai kalipat saja belangnya belum hilang, di tambah sekarang perjalanan mendaki lagi. Ini membuat kulit saya semakin merah bamba, istilah jawane ya abang ireng, aku nek kepanasen nah kaya kue. Ujarku tah aku bocaeh ireng tapi nek kepanasen raine malik abang ireng. Kenapa jadi bahasa jawa? Genah nek ora ngapak ora kepanak. Hahaha.

Setelah memetik bunga di tepi jalan, kami melanjutkan perjalanan, belum ada 5 meter di depan kami ada jalan yang bercabang, mana yang harus kami pilih? Dengan bermodal petunjuk "lurus terus" kami memilih lurus. Terus bingung lagi, di depan juga ada belokan waduuhh! Belum apa-apa udah bingung. Tapi dari kejauhan kami mendengar suara bapak-bapak. Lalu kami berbalik untuk menanyakan apakah jalan yang kami ambil ini sudah benar atau belum. Dan Jreng! Kita dapat Jackpot! Bapak-bapak yang akan mancing mania ini juga akan ke Selok Pipa! Alkhamdulillah ya, Allah sayang banget sama kita. Sampe di kasih Bapak-bapak ini buat temen perjalanan kita biar gak nyasar. Ternyata belokan-belokannya banyak loh..

Setelah kurang lebih 30 menit perjalanan kami sampai di Selok Pipa. Pemandangan yang berbeda dengan pantai-pantai di Nusakambangan. Sampai di sana perut kami benar-benar keroncongan, kami sampai lupa kalau kami belum sarapan. Hahaha, kami hanya membawa beberapa cemilan lumayan untuk ganjalan. Sampai di lokasi kami siap untuk menjelajahi setiap sudut pantai. Ciiieeess...

Sebentar lagi sampai selok pipa #menelusuri #hutan #nusakambangan
Pantai Selok Pipa


Si Pram

Sigit sedang menikmati liburannya hahaa
Ssssttt.. Dia akan bergerak
Kami hanya berempat, tetapi kami sangat puas bermain di pantai ini, gak ribet, gak rusuh, yaa walaupun semua minta "difoto" tapi enjoy kok. Rifka sama si Pram jalannya lama banget, jalan kaki lima langkah cekrek, cekrek, cekrek, eh gantian si pram cekrek, cekrek, cekrek. Hahaha.. Si Sigit nyari keong apa apa tuh namanya buat di bawa pulang, katanya mau buat adiknya yang perempuan tapi karena takut sampai rumah mati akhirnya gak jadi, syukur deh karena hewan seunik apapun, selucu apapun lebih cocok berada di habitat aslinya.

Sigit juga minta ke karang yang ada ombak gedenya. batere hape low, gak ada yang bawa PB yang saya takutkan adalah kalau hape saya mati, mau telfon pak Yuli pake apa? Yang lain bawa hape tapi gak punya pulsa. Hadeeeehh..

Banyak banget orang mancing, ada yang di pinggir, ada di deket karang, ada yang di tengah lautnya. Wajar aja si sampai ada yang ke tengah karena airnya pun gak dalem, saya lihat sampai sepinggang orang dewasa. karena banyak yang mancing, saya lihat ada ikan nggletak, wuuuiihh gede, panjang, mulutnya lancip, giginya bergerigi kecil-kecil, tapi sayang saya gak tau namanya. Ikannya keliatannya kurus cuma panjang tapi pas di angkat berat juga loh ada sekitar 6 ekor, kalo di timbang berapa kilo yah? Kebetulan yang punya masih mancing, kita pinjem sebentar yuk buat foto, hahaha.. eeehh pas lagi asik foto yang punya dateng, tapi kita mah gak takut orang gak nyolong cuma minjem aja. Kirain mau nglarang eehh malah di pinjemin pancingannya katanya biar alami mancing sendiri. Hahaha.. bapaknya mah baik, tau aja anak alay jaman sekarang sukanya foto. Hehe.. Tapi gimana mau kelihatan alami, orang rifka posenya pake kacamata, pake bawa ransel segala yaaaahhh ketauan deh kalo anak alay. Yang alay mah Rifka aja, saya enggak. Hehe..

Ini ni ikannya

Ini berat loh..
Yang punya dateng, malah sekalian di pinjemin pancingannya buat foto hahaa..
Setelah puas foto sama ikan, kita lanjut lagi jalan ke karang yang ombaknya gede, tapi berhenti lagi gara-gara liat terumbu karang. Hahaha. Ini katanya kalo airnya lagi surut terumbu karangnya keliatan banget. Tapi hati-hati ya? Kalo mau kesini pake sepatu, dan tetep di pake walau lagi main air, gak usah takut basah, namanya juga main di pantai ya basah-basahan laaaahhh.. Disini kan banyak karang, banyak bebatuannya daripada kaki kalian berdarah seperti kaki saya mending sepatunya tetep di pake. Pas pertama sampai di lokasi saya berniat untuk mencuci sepatu karena kotor, pas jalan di pinggir pantai kaki saya kesandung karang kecil, enggak sakit siiihh.. tapi tau-tau udah berdarah. Udah deh tak pake aja sepatunya dari pada kesandung karang lagi.


Terumbu karang


Dengan radar ku, ku menemukan mu :-D

Sigit, kamu jangan bunuh diri, kasian emak dirumah gak ada yang kasih duit :-D
Sigit minta kesini ini yang ombaknya gede, itu Sigit, Pram sama Rifka
ini tuh waooww banget :-D
Sigit itu minta kesini kebagian yang ada ombaknya gede sampe ke karang, katanya gak mau pulang kalo belum kesini dan emang siihh setelah dari sini itu puas banget. Mereka (Pram dan Sigit) yang gak mau kena air rela basah buat ngerasain di guyur sama ombak yang memecah karang. Teriak-teriak sampai suara serak, cukup sekali ombak menerjang sudah membuat saya basah kuyup dari atas sampai bawah.

Tapi tolong teman-teman yang mau kesini hati-hati karena kalau jatuh udah deh bisa tamat karena di bagian ini sebenernya bahaya banget! Kaki saya yang kena karang kecil aja sampai berdarah apalagi kalau jatuh dari sini, kena karang yang segitu gedenya. Jadi tolong buat temen-temen hati-hati. Gak cuma disini tapi di tempat-tempat lain juga. Jangan hanya karena hanya ingin dapet gambar yang waow kalian harus kehilangan nyawa kalian. Yaaahh walopun terkadang saya juga ekstrim tapi tetap hati-hati.

Setelah bermain disini kami memutuskan untuk pulang karena memang sudah siang, hape saya lowbat, mati udah gitu sampe gak sadar hape saya kecipratan air, waduuuhhh #tepokjidat.

Udah ya segini dulu ceritanya, kapan-kapan sambung lagi tentu dengan cerita dan pengalaman yang berbeda. Jangan lupa kemanapun kalian pergi, kalian harus pamit dulu dengan orang tua, karena ridhanya orang tua itu ridhanya Allah, selalu berdoa dan hati-hati, bawa pulang kembali sampah kalian. Jangan ambil apapun kecuali gambar. Jangan tinggal apapun selain kenangan. Jangan bakar apapun selain semangat. Salam My Trip My Adventure. Ciiieeesss..

Terimakasih yang udah sempetin baca dan mampir di blog saya, maaf kalo ceritanya ngebosenin, maaf jika ada tulisan yang di kalo di baca agak aneh di denger kuping, hahaha.. Maklum masih amatir hehe.. :-D sampai jumpa di cerita selanjutnya,, babbbaiii..... (''')


Follow me on ig : @risharofiana

Baca Juga :















0 komentar:

Posting Komentar