Senin, 29 September 2014

Cerita Masa Kecil

Assalamu'alaikum wr. wb
Permainan apa yang kalian sering lakukan saat masih kecil? Bermain karet? Lompat tali? Dam- dam an? englek deprok? gobak sodor? kasti? petak umpet? kelereng? egrang? Dan masih banyak lagi yang lain, yang namanya pun saya sudah lupa
salah satunya ini :

 saya lupa namanya. saya sering memainkan nya walau rasa takut kena kayu itu pasti ada. Kemudian kasti, saya senang sekali bermain kasti kalau bahasa gaulnya itu kalo tidak salah baseball hehehe :-D
pertama bermain kasti saya bingung bagaimana cara memukul yang baik dan benar, yang penting saya tidak sampe kena bola dan lari sekencang - kencangnya, kebetulan waktu saya kecil, saya pelari yang cukup handal wajar saja karena badan saya yang kecil, ramping jadi gesit untuk menghindari bola. Hehehe.

Di jaman seperti sekarang ini saya jarang sekali menemukan permainan tradisional, padahal kampung saya ya masih kampung belum kota tapi tidak terpencil. Tapi anak - anak sekarang lebih senang bermain game online. Jujur saya sedih,  sedih karena mereka tidak mempunyai banyak permainan yang bisa mereka lakukan di luar rumah. Ini seperti budaya yang tidak di tularkan kepada penerus bangsa. (Sok banget ngomongnya hahaha). Saya pernah bermain karet dengan teman seusia saya, kemudian lompat tali. Karena kangen dengan masa - masa waktu kita kecil. Dan ada anak yang melihat kami, lalu bertanya "Mba Risa, itu mainan apa? Udah gede kok mainan nya kayak anak kecil?". Sungguh saya terkejut, dia tidak tahu mainan yang saya mainkan! Sempat saya berfikir apa jaman saya begitu jadul sehingga anak jaman sekarang tidak mengetahui permainan apa yang saya mainkan? Lalu saya menjawab : "Ini permainan karet gelang, apa kamu tidak pernah memainkan nya?". Anak itu hanya menggelengkan kepalanya. Kemudian saya perlihatkan permainan yang lainnya bermain dengan 5 buah batu dengan 1 bola bekel. Bisa batu, bisa kerang keramik, bisa biji salak juga yang penting bulet bisa di ambil. Di lemparnya bola bekel ke atas dan 5 batu di sebar kemudian di ambil nya batu itu satu per satu saat bola bekel melambung ke atas. Dan anak itu hanya memandang nya dengan tersenyum. Lalu saya berkata "Dapatkah kamu memainkan nya?". Tidak, sambil tersenyum, jawab anak itu. Lalu saya pun menyuruh anak itu memainkan nya. Tapi apa yang terjadi? Tangannya sungguh kaku, dan menangkap bola pun dia tidak bisa.

Saya bersyukur jaman saya kecil masih bisa merasakan permainan tradisional yang banyak di mainkan di luar rumah. Apa lagi yang lari - lari, saya sangat menyukainya. Kasti, Jonjang ball. Ingin rasanya bermain seperti itu walau bukan anak kecil lagi.

Tapi sekarang sudah banyak rumah - rumah dan tinggal sedikit halaman luas yang bisa di jadikan untuk arena bermain.

Yang baca ini jadi ke inget masa kecil gak nih? Se seru apakah masa kecil mu? Pasti lebih seru donk?
Udah sampe segini dulu ceritaku.  Apa ceritamu?
Wassalamu'alaikum wr. wb


Ini cerita masa kecilku..
Apa cerita masa kecil mu?


Baca Juga :
Cerpen Nasehat Dan Doa Untuk Ibu
Sahabat Datang dan Pergi
The Story of MV Super Junior Mamacita
Bermain Hullahoop

0 komentar:

Posting Komentar