Selasa, 03 Februari 2015

Cara Diet Sehat Alami

Assalamu'alaikum wr. wb
Hai ladies! Bermasalah dengan bentuk tubuh serta berat badan? Masalah yang sering di alami para wanita adalah berat badannya yang terus naik. Nah gimana si agar berat badan bisa turun dan bentuk badan yang ideal? Ngomong-ngomong soal berat badan ideal kita bisa mengetahui tubuh kita itu termasuk ideal atau enggak. Yaitu dengan cara menghitung Berat Badan (Kg) : Tinggi Badan (m) dan jika hasilnya :
  • Antara 18 sampai 24 = Normal
  • Antara 25 sampai 29 = Kegemukan
  • Lebih dari 29 ke atas = Obesitas
Sebagai Contoh : berat badan saya 43 Kg dan Tinggi Badan : 154 cm (1,54 m)
Maka ----> 43 :  1,54 = 27,92 dibulatkan menjadi 28
Wah wah wah.. Ternayata saya masuk dalam kategori gemuk. Sepertinya saya juga harus melakukan diet.

http://www.kellychiropractic.co.nz/healthy_diet.jpg
kellychiropractic.co.nz/healthy_diet.jpg

Nah bagaimana cara melakukan diet yang alami dan di anjurkan oleh doker? Tentu semua kita tahu bahwa caranya adalah dengan berolahraga. Tapi banyak dari kita semua malas melakukan olahraga. Padahal itu sangat penting! Dan terus terang saya pun termasuk orang yang agak malas melakukan olahraga. Saya melakukan olahraga  hanya jika sedang rajin saja. Hehehe.. Bagaimana caranya untuk diet tetapi tidak perlu dengan berolahraga? Caranya adalah anda harus mengurangi porsi makan anda. Hindari makan-makanan yang berlemak, khususnya lemak jahat seperti makanan siap saji, pizza, kentang goreng, martabak atau gorengan.

Lalu makanan apa yang harus kita makan jika sedang menjalankan program diet sehat alami? Makanan seperti apakah itu? Perbanyak makan sayur terutama yang pengolahannya dengan cara direbus contoh rebusan daun ketela, kangkung, pepaya. Dan jika anda tidak menyukai nya anda bisa memakannya dengan sambal agar rasanya tidak hambar. Saya sudah mencobanya rasanya tidak terlalu buruk. Kemudian sayur bening dan sop. Menurut saya yang berkuah itu seger. Hehe..

Kemudian imbangkan juga dengan mengkonsumsi buah segar. Buah yang kaya vitamin juga dapat membantu kecerahan wajah anda. Saya sarankan untuk anda yang sedang menjalani diet alami lebih baik anda mengkonsumsi buah pisang. Kenapa pisang? Karena selain membantu melancarkan buang air besar, pisang juga dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jika pertama perut anda sudah terisi penuh oleh makanan berat dan anda merasa sudah tidak kuat lagi untuk memakan apapun jadi saya sarankan, makanlah buah terlebih dahulu sebelum makan-makanan berat seperti nasi. Karena hal ini dapat membuat mengurangi porsi makan anda.

Kita bisa meniru kebiasaan orang Jepang dan Korea dengan membiasakan berjalan kaki atau mengayuh sepeda ketika hendak berangkat kerja karena hal ini memberikan efek secara tidak langsung pada tubuh kita dan tidak kita sadari hal ini membuat tubuh kita ramping dan langsing tanpa olahraga, walaupun sebetulnya berjalan kaki adalah olahraga. Mengayuh sepeda dengan kecepatan sedang atau santai dalam waktu satu jam dapat membuang kalori sebanyak 100 kalori. Dan jika mengayuh dengan lebih cepat kalori yang dibakar sebanyak 150 kalori. Kalau saya bersepeda cuma 5 menit ke tempat kerja, jadi kalori yang dikeluarkan cuma seimprit. Hehe..

Cara diet sehat alami berikutnya adalah hindari makan malam. Lebih baik anda makan malam jangan lewat dari jam 5 sore karena hal itu bisa membuat anda menjadi lebih gendut. Karena saat malam hari kebanyakan orang lebih memilih bersantai ini membuat proses pembakaran makanan menjadi lambat karena kurangnya daya gerak tubuh kita.

Berikut tips untuk diet sehat secara alami :
  1.  Olahraga secara teratur atau melakukan gerakan tubuh seperti pemanasan selama 20 menit setiap hari.
  2. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Makanlah buah terlebih dahulu sebelum makan nasi karena bila anda merasa kekenyangan anda sudah makan buah terlebih dahulu hal ini bertujuan untuk mengurangi porsi makan anda.
  3. Makanlah buah pisang selain melancarkan buang air besar, pisang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  4. Makanlah sekenyang-kenyangnya, tetapi setelah itu tidak boleh makan apapun lagi atau ngemil apapun.
  5. Perbanyak air minum bening.
  6. Hindari makan malam.
  7. Hindari minum susu malam.
Berikut makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang diet :
  1. Dua buah telur rebus untuk sarapan atau makan pagi.
  2. Roti isi dan susu.
  3. Rebusan daun singkong, pepaya, kangkung, curing.
  4. Sayur bening, sayur asem.
  5. Daging.
Berikut makanan yang harus dihindari saat sedang diet :
  1. Kentang goreng
  2. Pizza, Burger, mi instan makanan cepat saji lainnya.
  3. Gorengan.
  4. Cemilan
Tau kah anda? Akibat kegemukan bisa beresiko terkena penyakit jantung, stroke dan diabetes.
Itu tadi beberapa tips untuk diet sehat alami. Saya memang bukan dokter atau ahli gizi atau apapaun. Saya hanya sharing dan berbagi ilmu saja. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah membaca postingan saya dan sudah berkunjung ke blog sederhana saya ini. Semoga kita bisa tetap sehat dan beraktifitas semangat. Maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan kata. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb

Referensi : DR. OZ INDONESIA


Baca Juga :


1 komentar:

Terima kasih admin untuk artikelnya tentang tips diet sehat alami dan setelah saya selama seminggu berat badan saya turun 1 kg.

Posting Komentar